Leader Ship
Berdasarkan pengalaman kami, menjadi seorang pemimpin atau tim leader tidaklah semudah yang kita pikirkan, bahkan sampai kapan pun kita dituntut untuk terus belajar agar menjadi seorang pemimpin yang baik yang bisa membawa tim kerjanya menghsailkan kinerja yang terbaik dalam situasi dan kondisi apapun, berdasarkan analisa kami secara pribadi ada beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin atau tim leader.
1.1 Ahli Pisikologi
Seorang pemimpin minimal harus memiliki kepekaan terhadap anggota timnya secara eksplisit seorang pepimpin minimal harus memiliki keahlian seperti seorang pisikolog yang secara tidak langsung dapat memahami dan mengerti karaktersitik dari masing – masing individu dalam tim kerjanyanya.
Sehingga terciptlah suasana kerja yang nyaman dan secara tidak langsung kinerja dari masing – masing tim akan lebih maksimal karena secara pribadi dan tim merasa kebutuhan dari masing – masing terfasilitasi.
Sehingga terciptlah suasana kerja yang nyaman dan secara tidak langsung kinerja dari masing – masing tim akan lebih maksimal karena secara pribadi dan tim merasa kebutuhan dari masing – masing terfasilitasi.
1.2 Mampu Memberikan Semangat
Dalam memberikan semangat juga kita bisa menggunakan semua media atau alat komunikasi yang ada guna menyapa dan mengajak bahwa setiap angota tim memiliki peran yang sama dalam pencapain kierja dari tim walapun dengan tugas dan wewenag yang berbeda dan disamping itu juga memberikan gambaran secara rutin terhadap pergerakan dari pencapan masing – masing tim agar dari apa yang kita gambarkan bisa menjadi bahan evaluasi terhadap kinerja yang sudah dicapainya.
1.3 Mampu Menjadi Seorang Sahabat
Dalam batas kewajaran sebagai seorang pemimpin pun harus bisa menjadi sorang sahabat pada saat itu kita harus bisa menanggalkan kepemimpinan kita untuk bisa melihat tim yang kita bawahi dari sudut pandang yang lain, bukan lagi sebagai atasan dan bawahan tetapi sebagai seorang sahabat yang bisa memberikan masukan ataupun sedikit saran terhadap permasalahan yang dihadapi baik permasalah pribadi ataupun permasalahan yang terjadi yang diakibatkan gesekan sesama individu yang kalau itu tidak kita cermati akan mengakibtkan irama dalam pekerjaan terganggu dengan hadirnya kita diharapkan permasalahan itu dapat terselasikan dengan baik tanpa mengakibatkan satu atau yang lainnya tersakiti atau dirugikan.
1.4 Bisa Menjadi Seorang Guru
Kata GURU cukup simpel tetapi mempunyai makna yang sangat besar karena semua yang dilakukan oleh oleh seorang guru dalam hal ini pemimpin dalam sebuah perusahaan akan dilihat dan akan dicontoh oleh seluruh staff, yang itu akan menjadi cermin kepemimpinan kita dalam sebuah tim.
1.5 Mampu Memberikan Tanggungjawab Sesuai Dengan Kemampuan
Sesuai apa yang yang disebutkan diatas, pemimpin harus memiliki keahlian psikologi, salah satunya adalah pemimpin harus pandai dalam memberikan tugas dan wewenang terhadap staffnya, misal ada seorang staff tidak mampu dalam segi pemasaran akan tetapi dia mampu dalam administrasi misalnya, tapi kita tetap paksakan di bagian pemasaran, sudah pasti hasilnya tidak akan maksimal. Apabila dia ditempatkan sesuai dengan kemampuannya sudah pasti hasilnya akan lebih memuaskan.
1.6 Mampu Menjadi Seorang Pendengar
pemimpin harus sadar bahwa manusia tidaklah sempurna dalam semua hal maka hendaknya seorang pemimpin harus dapat mendengarkan dan menerima masukan – masukan dari seluruh staffnya untuk suatu langkah yang lebih baik. Tidak menutup kemungkinan ide dari staff kita bisa menjadi tolak ukur kemajuan dari sebuah perusahaan, yang harus diingat seorang pemimpin jangan anti kritik.
Yang harus selalu kita ingat adalah bahwa pemikiran banyak orang lebih baik dari pemikiran seseorang.
Yang harus selalu kita ingat adalah bahwa pemikiran banyak orang lebih baik dari pemikiran seseorang.
1.7 Mampu Memimpin Dirinya Sendiri
karena sangatlah tidak mungkin kita dapat memimpin orang lain kalau kita tidak sadar diri bahwa kita belum mampu untuk menjadi pemimpin untuk diri kita sendiri.
Leader
4/
5
Oleh
Adi Prabowo
