Wednesday, 18 November 2015

                                                            Team Work Yang Handal
 


Dalam sebuah perusahaan yang bergerak dibidang usaha apapun baik perusahaan barang dan jasa, property dan lain – lain peranan team work sangatlah penting.

Yang dimaksud dengan team work  adalah kumpulan dari beberapa orang yang bekerja sama dalam satu wadah dengan tujuan meningkatkan kinerja.

Sedangkan untuk team work  yang handal disini adalah dari hasil sinergi bersama ini diharapkan adanya pencapaian yang lebih maksimal dari masing – masing anggota team dimana satu dengan yang lainnya saling melengkapi.   



Gambar :  Kesalahan Disebuah Team Work

Kondisi dimana tidak adanya koordinasi dan persamaan persepsi dari masing – masing team sangat tidak diharapkan.

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan dalam membangan sebuah team work yang handal, secara idelanya tahapan – tahapan ini minimal harus ada dan setiap tahapan harus dilakukan secara bertahap, untuk tahapan – tahapan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Tahapan dalam proses recruitment.
  2. Pengalokasian sumberdaya manusia.
  3. Pemahaman terhadap produk.
  4. Transfer ilmu yang berkesinambungan.
  5. Perencanaan dan penetapan stretegi.
  6. Tahap pencapain.
  7. Memelihara hubungan kemitraan.
Untuk lebih jelasnya masing – masing tahapan akan digambarkan secara lebih menyeluruh dan dapat menggambarkan setiap langkah itu dilakukan.

Tahap I Recruitment
  1. Tahap ini adalah tahap awal penentuan anggota team yang akan kita bawa dalam team yang akan kita bentuk.
  2.  Dalam tahap ini juga lakukanlah diskusi yang mendalam untuk mendapatkan informasi yang team butuhkan.
  3. Kedisiplinan juga harus diperhatian dalam tahap ini.
  4. Gali juga motivasi, bisa dilihat dari kepuasan kerja, serta keinginan dalam berpartisipasi untuk mengembankan kreatifitasnya.
  5. Pelaksanaan recruitment.
Tahap II Pengalokasian Sumber Daya Manusia
  1.  Disini dibutuhkan kemampuan dari team leader  untuk bisa mengalikasikan sumberdaya manusia yang ada untuk ditempatkan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
Tahap III Pemahaman Terhadap Produk
  1. Pemahaman terhadap produk  yang dimiliki bukan hanya produk dalam bentuk barang saja tetapi bisa juga dalam bentuk jasa.
  2. Memahami terhadap produk yang sudah ada dan sejenis yang dimiliki.
  3. Mampu untuk menganalisa terhadap produk pesaing.
  4. Menentukan formula  strategi yang akan diambil.
Tahap IV Tranfer Ilmu Yang Berkesinambungan
  1.  Apabila dalam tahap ini tidak berjalan ini sangat mempengaruhi kinerja dari team.
  2. Dengan adanya trasfer ilmu yang berkesinambungan akan bisa menciptakan irama dalam team yang harmonis.
  3. Menghilangkan ketergantungan anggota team yang satu dengan yang lainnya.
Tahap V Perencanaan Dan Penetapan Strategi 
  1. Pada tahap ini kita harus bisa menetukan apa yang menjadi keinginan kita dan bagai mana kita melakukannya.
  2. Harus mampu memetakan posisi bisnis dengan parameter
  • Didalam bisnis apa kita berada.
  • Dimana dan dengan siapa kita akan bekerjasama dalam memasarkan bisnis ini.
  • Apa ukuran bisnis yang akan kita jadikan tujuan.
  • Bagian pasar mana yang akan kita jadikan target.
      3. Kita juga harus bisa menfaatkan data yang ada yang kita miliki.
  • Data populasi pasar yang akan kita tuju.
  • Data realisasi baik harian ataupun mingguan.
  • Histori data baik bulanan ataupun tahunan.
Tahap VI Pencapaian 
  1. Melakukan pemantauan terhadap pergerakan pencapaian dari startegi yang dipakai.
  2. Kemudian lalukan analisa dan evaluasi terhadap pencapain startegi.
  3. Lakukan revisi terhadap pencapaian strategi apabila perlu untuk dilakukan.
Tahap VII Memelihara Hubungan Kemitraan 
  1. Pada tahap akhir ini juga tidak kalah perannya untuk sebuah keberhasilan dari team work.
  2. Terus melakukan pendekatan baik yang kemitraan bersifat internal ataupun yang bersifat eksternal.
  3. Mencari dan terus mengeksplor sehingga mendapatkan pola yang efektif dalam memelihara hubungan kemitraan.
Tahapa - tahapan itu semoga bisa memberikan pencerahan untuk kita bersama, untuk bagai mana kita bisa menciptakan sebuah Team Work yang handal untuk meningkatkan kinerja kita dan tim kita untuk satu tujuan bersama keberhasilan.

Artikel Terkait

4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email